4 Tips Paling Efektif untuk Pencegahan Ruam Popok Bayi


Popok bayi apalagi yang instan sekali pakai bisa langsung buang memang bisa menjadi solusi yang sangat praktis bagi para orang tua. Namun nyatanya juga bisa menimbulkan beragam keluhan bagi kulit bayi yang masih sensitif. Salah satunya yakni muncul ruam popok berupa bintik merah yang membuat bayi tak nyaman. Berikut cara pencegahannya ya.

1. Perhatikan Ukuran Popok yang Paling Sesuai dengan Besar Bayi
Untuk langkah pencegahan terjadinya ruam popok yang pertama kali harus Anda lakukan yakni memilih ukuran popok yang sesuai serta nyaman untuk buah hati. Ukuran popok yang terlalu longgar akan membuat bayi merasa tak nyaman dan tak efektif untuk menampung kotorannya. Sedang yang terlalu ketat justru sangat memicu iritasi kulit seperti ruam popok.

2. Perhatikan Durasi atau Waktu untuk Penggantian Popok Bayi
Popok bayi yang praktis namun sering kelamaan tak diganti justru akan menimbulkan banyak masalah kulit semisal ruam popok ya. Ada baiknya popok bayi yang telah penuh harus diganti jika telah mencapai 3 sampai 4 jam. Hal ini untuk usaha yang efektif pula demi higienitas bayi. Kulitnya yang masih sensitif harus seminimal mungkin berkontak kotoran ya.

3. Perhatikan Higienitas Area Sekitaran Bokong Bayi
Nah saat penggantian popok bayi juga tak boleh asal saja untuk membersihkannya. Anda bisa membasuhnya dengan air cenderung hangat serta sabun bayi khsusus sampai bersih lalu keringkan sejenak. Namun Anda juga bisa gunakan tisu basah juga ya. Pilih yang tak berbahan alkohol serta berpewangi supaya jauh lebih aman untuk kulit si kecil yang lembut.

4. Pilih Popok Bayi dengan Keunggulan Inovasi yang Paling Tepat
Jika cara-cara di atas telah Anda lakukan namun masih juga ada gejala ruam popok yang timbul, maka ada baiknya Anda mulai mengevaluasi brand popok yang Anda gunakan untuk buah hati. Bisa jadi Anda memilih tipe popok yang kurang tepat. Sebagai panduan tambahan Anda bisa pilih popok bayi dengan brand yang telah teruji klinis aman untuk kulit sensitif.

Jangan lupa untuk perhatikan material bahan dari popok sekali pakai yang Anda pilih. Permukaan material yang halus juga sangat efektif untuk meminimalisir terjadinya ruam popok akibat gesekan yang terjadi anatara kulit sensitif bayi dengan material yang kurang tepat tersebut. Jangan asal pilih jika itu menyangkut tentang perlengkapan untuk buah hati ya.

Pemilihan popok bayi yang tepat serta cara penggantian popok yang sesuai akan secara efektif mampu mengurangi risiko terjadinya permasalahan pada kulit bayi semisal ruam popok yang mengganggu kenyamanannya. Bagaimanapun juga si kecil memang membutuhkan perawatan ekstra lantaran anggota tubuhnya tentu secara perlahan beradaptasi.

Posting Komentar

1 Komentar