Sekilas Tentang Pengertian Antibiotik, Manfaat hingga Efek Sampingnya


Pengertian Antibiotik seringkali banyak orang belum mengetahuinya. Padahal antibiotik ini mungkin telah sering bersentuhan dengan kita. Setiap kali Anda sakit dan pergi ke dokter biasanya dokter akan memberikan resep antiobiotik. Menyinggung pengertian antibiotik, obat ini memang digunakan untuk mengobati infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh bakteri. Jadi dalam hal ini antibiotik berperan membunuh serta menghambat pertumbuhan bakteri yang menyerang tubuh. 

Faktanya, beberapa jenis antibiotik ini memang efektif untuk mengatasi protozoa dan beberapa racun. Tidak berhenti disitu, antibiotik ini juga bisa digunakan untuk mencegah infeksi sehingga sering diberikan untuk mengatasi luka usai operasi, neutropenia, sakit gigi dan lainnya.

Manfaat Antiobiotik Untuk Kesehatan

Secara umum, berikut adalah manfaat dari antibiotik untuk kesehatan:

Mengatasi infeksi saluran kemih
Infeksi jenis ini lebih sering dialami oleh wanita. Hal ini disebabkan bakteri yang bersarang pada saluran kemih. Tidak perlu khawatir, infeksi tersebut dapat diobati dengan antibiotik jenis penisilin. Apabila setelah jangka waktu 2 sampai 3 hari belum ada perubahan sebaiknya segera diperiksakan lebih lanjut. 

Atasi infeksi kulit akibat bakteri dan jamur
Infeksi kulit ini merupakan salah satu gangguan kulit yang menyerang segala usia. Bayi, anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia pun tidak luput dari ancaman infeksi kulit akibat jamur. Antibiotik yang dibutuhkan untuk menanganinya adalah antibiotik jenis penisilin. 

Meski begitu infeksi kulit ini juga bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika ingin sembuh lebih cepat sebaiknya memanfaatkan antibiotik.

Mengobati keracunan darah
Antibiotik juga bermanfaat untuk mengatasi keracunan darah. Keracunan darah yang terjadi akibat bakteri yang masuk ke dalam aliran darah ini bisa diobati dengan antibiotik jenis sefalosporin.

Mengobati meningitis
Meningitis yang juga dikenal dengan radang selaput otak ini adalah penyakit yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang. Karena disebabkan oleh bakteri, maka penyakit ini bisa diobati dengan antibiotik jenis aminoglikosida dan sefalosporin. Tetap konsumsi antibiotik sesuai dengan resep dokter ya.

Efek Samping Mengonsumsi Antibiotik
Meski antibiotik membawa banyak manfaat untuk kesehatan terutama membantu dalam mengobati penyakit yang diakibatkan infeksi bakteri. Namun tidak bisa dipungkiri juga kalau penggunaan antibiotik ini juga memiliki efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping yang ditimbulkan akibat mengonsumsi antibiotik.

-  Mengganggu sistem imunitas. Seseorang yang terlalu sering mengonsumsi antibiotik sekalipun untuk keperluan medis akan rentan terhadap penyakit.

Mengganggu sistem pencernaan. Mengonsumsi antibiotik berdasarkan resep dokter saja masih menimbulkan efek samping, apalagi jika antibiotik ini dikonsumsi tanpa rekomendasi dokter. Sehingga ketika seseorang mengonsumsi antibiotik secara tidak wajar akan beresiko mengalami gangguan pencernaan. Mulai dari mual, kram, kembung, diare dan lainnya.

Organ intim terinfeksi. Bagi wanita yang mengonsumsi antibiotik memungkinkan untuk mengalami gatal-gatal pada organ intim hingga keputihan.

Pengertian Antibiotik, manfaat hingga efek samping yang ditimbulkan akibat mengonsumsi antiobiotik sudah kami jabarkan di atas. Tidak dapat dielak jika antibiotik dibutuhkan untuk penyembuhan, namun di sisi lain tetap ada efek samping yang juga harus diwaspadai. Oleh karena itu hindari mengonsumsi antibiotik tanpa anjuran dokter dan tetap batasi kadar konsumsinya.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Posting Komentar

0 Komentar