7 Cara Jitu Kredit Rumah Tanpa Uang Muka yang Perlu Anda Tahu

Rumah sebagai kebutuhan primer lebih sulit untuk dipenuhi daripada dua kebutuhan primer lainnya, makanan dan pakaian. Selain uang cash yang belum mencukupi, terkadang uang muka yang lumayan besar pun sering menjadi kendala. Mendapatkan kredit rumah tanpa DP merupakan sebuah alternatif untuk mengatasi permasalahan ini.


Seringkali bank menawarkan promo dana KPR tanpa DP atau uang muka 0%, namun sayangnya tidak ada yang benar-benar 0%, karena ada banyak syarat dan ketentaun yang diberlakukan saat ingin mengajukannya. Nah sebenarnya ada lho cara jitu untuk membeli rumah secara kredit tanpa DP. Anda ingin tahu? Simak 7 cara berikut.

1.  Mencari Harga Promo
Developer sering menawarkan harga promo atau diskon untuk menarik pembeli. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Cari informasi dimana ada developer yang memberikan promo angsuran tanpa uang muka untuk pembelian unit rumah yang mereka kembangkan.

Promo dari developer umumnya diberikan sebelum unit rumah dibangun. Meski lama karena angsuran dilakukan sebelum rumah rampung dibangun, namun cara ini lebih ringan dan murah daripada menunggu rumah tersebut jadi, yang tentunya diiringi dengan kenaikan harga. Jadi cara ini tak hanya membuat Anda mengeluarkan 0% untuk DP, tapi juga meringankan angsuran untuk membeli rumah.

2.  Mengunjungi Pameran Hunian
Developer biasanya melakukan kerja sama dengan bank dalam memberi penawaran untuk pembelian unit rumah tanpa DP pada calon pembeli di pameran hunaian tertentu. Nah, Anda bisa memanfaatkannya untuk membeli rumah untuk hunian pribadi Anda.

Hal ini tentu sangat menguntungkan mengingat biaya DP biasanya lebih tinggi daripada angsuran rutin atau bulanan. Ambil kesempatan kredit rumah tanpa DP ini sambil memahami aturan atau syarat dan ketentuan yang berlaku.

3.  Memanfaatkan Persaingan Antar-Developer
Antara developer satu dengan yang lain sering sekali melakukan perang harga dalam persaingan mereka menarik pembeli. Hal ini dikarenakan adanya beberapa developer di kota yang sama. Salah satu cara untuk menarik pembeli ini yaitu dengan memberikan 0% DP, bahkan memberi potongan diskon. Selain DP 0%, Anda mendapat keuntungan diskon yang tentunya cukup besar dan biasanya berupa potongan beberapa bulan angsuran.

Adapun jika pembelian rumah tidak melalui developer atau bank, Anda harus meminta kerja sama dari pihak penjual setelah membeli rumah karena keterangannya membantu Anda untuk memproses pengajuan kredit. Adanya kerja sama dengan penjual ini membuat Anda memperoleh kemudahan ketika mengajukan kredit, karena transparansi dan kepercayaan informasi yang Anda serahkan dianggap sesuai dengan kejelasan dari pihak penjual.

Umumnya pihak penjual juga bersedia karena dengan membantu Anda, rumah mereka pun lebih cepat laku. Mereka membantu Anda memberikan informasi rumah ke pihak penjamin (bank), maka dana dari pihak penjamin bisa cair kepada pembeli sehingga prose pembayaran dapat segera dilakukan Anda ke mereka (penjual).

4.  Membuat Perjanjian Angsuran
Cari rumah dengan perjanjian anguran yang biasanya dapat dilakukan di depan notaris. Pembelian rumah ini juga diambil jika proses jual beli tidak dilakukan melalui developer atau bank secara langsung, namun langsung ke pemilik sebagai penjual. Anda harus meyakinkan penjual rumah bahwa Anda mampu membayar rumah mereka untuk waktu yang lebih lama daripada umumnya.

Langkah ini dapat Anda ambil sekaligus dengan ajakan negosiasi ke penjual rumah agar Anda dapat membeli rumah dengan angsuran tetap namun tanpa DP. Bukti angsuran pertama dapat Anda lakukan di depan notaris. Oleh karena itu, notaris-lah yang menyimpan sertifikat Anda yang masih atas nama penjual itu selama angsuran Anda belum lunas.

5.  Menaikkan Harga Rumah untuk Kredit
Langkah ini sangat berisiko karena kredit bank tidak selalu bisa cair 100%. Jika Anda terlanjur membeli rumah harga tinggi dengan harapan dapat menaikkan harga melalui kredit bank, lalu hanya cair kurang dari 50%, maka Anda akan mengalami kesulitan di kemudian hari. Jangan tergiur DP 0% hanya karena menginginkan hunian mewah dengan jaminan harta Anda satu-satunya saat ini.

6.  Mengetahui Kisaran Harga Pasaran
Langkah atau cara yang satu ini juga dilakukan secara langsung dengan pihak penjual. Namun kali ini Anda membuat perkiraan harga terlebih dahulu sebelum membeli rumah (baru maupun bekas). Hal ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian gambaran harga rumah tersebut dengan harga rumah sekitar. Anda dapat melihatnya dari segi lokasi serta kemungkinan mengalami kenaikan harga dalam beberapa tahun ke depan.

Selain memperoleh harga termurah dari harga murah yang Anda kumpulkan informasinya, Anda juga memiliki kemungkinan besar untuk membeli rumah tersebut tanpa DP. Sangat menguntungkan bukan?

7.  Pengajuan KPR ke Beberapa Bank
Ajukan rencana kredit ke banyak bank jika Anda sudah sepakat dengan harga rumah yang diajukan kepada pihak penjamin atau bank. Makin banyak pengajuan kredit yang Anda lakukan di bank yang berbeda, maka semakin besar pula peluang Anda untuk dapat memantau bank yang berani memberikan harga taksiran paling tinggi.

Cara ini membuat Anda mendapat pembiayaan atau pencairan dana yang lebih besar dari bank tersebut sehingga kemungkinan mendapat DP 0% pun semakin besar. Namun perlu diperhatikan dan dipertimbangkan untuk memilih bank yang tidak memberikan syarat dan ketentuan yang terlalu rumit dalam proses pencairan dananya.

Pertimbangkan dengan matang 7 cara di atas agar saling menguntungkan dan tidak ada yang di-dzalimi atau dirugikan, baik bank sebagai pemberi kredit maupun Anda yang mencari kredit untuk meringankan biaya hunian Anda. Cari rumah yang bisa kredit tanpa DP lalu sesuaikan dengan kondisi keuangan anda. Jika telah lama menabung dan uang anda cukup, lebih baik beli secara cash. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar