Mengenal Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Setiap orang pastinya menginginkan kondisi tubuh yang sehat. Namun di era saat ini sepertinya sangat sulit untuk mewujudkan hal tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak makanan-makanan instan yang kurang sehat bermunculan. Hal ini tentunya dapat memicuh timbulnya berbagai macam penyakin, mulai dari penyakit ringat hingga yang sangat berat.


Salah satu penyakit yang populer saat ini adalah Asam Urat. Sebenarnya asam urat itu baik bagi tubuh sebagai antioksidan. Namun jika kadar asam urat terlalu tinggi maka hal tersebut bisa menganggu kesehatan.

Apa yang menyebabkan Asam Urat Tinggi?

Pada dasarnya ginjal mampu mempertahankan asam urat pada kadar normal. Namun ada saatnya ginjal tidak mampu untuk melakukan hal demikian. Al hasil, asam urat dalam darah meningkat. Adapun penyebabnya adalah karena ginjal tidak bekerja cukup baik. Selain itu, konsumsi kandungan purin dalam makanan yang berlebihan turut menyumbang rate yang besar dalam meningkatnya asam urat.

Purin berasal dari makanan berjenis kacang-kacangan. Seperti halnya kacang tanah dan kacang kedelai. Bahkan purin akan tetap terkandung dalam makanan yang berasal dari olahan kacang-kacangan seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan lain-lain.

(Baca Juga: Review Powerbank Scud)

Dampak Asam Urat yang tinggi
Tingginya asam urat dalam darah merupakan kondisi yang disebut dengan hyperuricemia. Membiarkan asam urat yang tinggi dapat menyebabkan pengkristalan yang mengendap ke persendian, tendon, daj jaringan sekitar.

Pada kondisi ini, kristal asam urat akan dianggap sebagai benda asing oleh tubuh kita. Akhirnya, sistem pertahanan tubuh kita akan bereaksi terhadap kristal tersebut sehingga timbullah reaksi inflamasi seperti kemerahan, bengkak, panas, dan yang paling parah adalah nyeri di bagian persendian sehingga tidak bisa berjalan (lumpuh).

Bagaimana cara mengobatinya?
Bagi anda yang asam uratnya tinggi, anda tidak perlu terburu-buru untuk menggunakan obat kimia. Berikut cara menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami.

1. Banyak minum air putih
Minumlah air putih 2 – 3 liter per hari. Mengkonsumsi banyak air putih akan membantu ginjal dalam memproses dan mengeluarkan asam urat dari tubuh kita. Lakukan secara rutin untuk menurunkan asam urat dalam tubuh.

2. Konsumsi Makanan Rendah Purin
Sebagai pencegahan sekaligus cara menurunkan asam urat, jauhi makanan yang mengandung purin, karena sejatinya asam urat disebabkan karena pemecahan zat purin. Makanan yang harus dihindari antara lain yaitu: jeroan, tahu, tempe, dan jenis-jenis makanan olahan yang berasal dari kedelai.

Intinya, semua orang menginginkan sehat dan tidak ingin jatuh sakit. Yukk jaga kesehatan kita mulai dari hal terkecil dan saat ini juga.

Posting Komentar

0 Komentar